15 Wisata di Labuan Bajo yang Jangan Terlewat

Labuan Bajo adalah sebuah kota kecil di pulau Flores. Orang-orang banyak yang pergi ke Labuan Bajo untuk melihat pemandangan laut, air terjun, melihat beberapa gua, dan yang paling penting, melihat komodo.

Jika Anda merencanakan perjalanan ke kawasan wisata labuan bajo ini, ada 15 tempat terbaik yang bisa Anda jelajahi di Destinasi Labuan Bajo. Daftar 15 tempat wisata ini mungkin akan sangat berguna jika Anda liburan ke Labuan Bajo.

Daftar Tempat Wisata Labuan Bajo Recommeded

Labuan Bajo adalah kota kecil, namun merupakan tujuan wisata populer Indonesia yang terletak di Flores. Flores sendiri adalah sebuah pulau yang dekat dengan Bali. Berikut adalah 15 destinasi wisata Labuan Bajo yang wajib Anda kunjungi ketika berlibur :

  1. Taman Nasional Komodo

Destinasi utama Wisata Labuan Bajo tidak bisa dipisahkan dari pulau komodo. Di Pulau Rinca dan Pulau Komodo Labuan Bajo inilah Anda bisa menyaksikan hewan purba komodo .

Komodo dikatakan sebagai salah satu jenis terdekat dinosaurus dan salah satu reptil paling berbahaya. Jika Anda berlibur wisata di Labuan Bajo, maka Anda bisa melihat dari dekat reptil langkah ini di Taman Nasional Komodo.

Di sini, ada pawang Komodo atau Rangers yang akan mengajak Anda mengexplore dan mengajak Anda melihat dari dekat hewan komodo di lingkungan alaminya.

2. Pantai Pink

Pantai Pink adalah tempat lain dengan keindahan alam memukau yang jangan sampai Anda lewatkan untuk dilihat dari dekat. Pantai Pink memiliki pemandangan yang indah dan menjadi salah satu hal paling populer untuk dilakukan di Labuan Bajo.

Pasir di sini sebenarnya berwarna putih dan warna merah jambunya berasal dari mikroorganisme yang memberi warna pada karang merah di laut. Ketika warna merah foraminifera bercampur dengan putihnya pasir lembut di sini, maka yang Anda lihat adalah pantai yang berwarna pink cantik.

Pantai Pink juga bisa disebut Pantai Merah. Pantai Pink merupakan tempat yang bagus untuk bersantai, bermain di pasir, berenang dan bahkan snorkeling.

3. Gua Rangko

Gua Rangko adalah sebuah gua laut di Nusa Tenggara Timur  dengan stalaktit dan stalagmit yang indah. Gua ini juga memiliki kolam air laut hangat yang bisa Anda gunakan untuk berenang.

Bisa dibilang Gua Rangko adalah permata tersembunyi karena keunikan dari kolam air lautnya yang hangat namun segar untuk dijadikan tempat berenang. Sayangnya, kawasan wisata ini cukup sulit untuk ditemukan.

Anda mungkin memerlukan pemandu wisata lokal untuk membawa Anda ke sana jika tidak ingin tersesat. Gua Rangko adalah salah satu hal yang menarik untuk dilakukan di Labuan Bajo.

4. Pulau Komodo

Kadal terbesar di dunia tinggal di Pulau Komodo. Keberadaan komodo terbesar ini menarik orang-orang di seluruh dunia untuk datang dan melihat hewan predator satu ini.

 Kadal monster itu disebut Komodo Dragon, yang dinamai menurut nama pulau. Pulau Komodo adalah salah satu dari The New 7 Wonders of Nature.

Anda harus melakukan trekking di beberapa jalur pejalan kaki dan jika Anda cukup beruntung, Anda akan bertemu dengan komodo di jalur pejalan kaki. Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah di pagi hari ketika komodo sedang aktif.

5. Pulau Rinca

Pulau Rinca adalah sebuah tempat wisata yang merupakan rumah bagi ikan pari manta. Rasanya rugi ke Pulau Rinca jika tidak mencoba snorkeling dan diving di sini. Ketika snorkeling, Anda bisa menyaksikan banyak sekali ikan pari manta.

Anda bisa menonton pergerakan ikan unik satu ini di Pulau Rinca. Selain ikan pari mantanya yang terkenal, Pulau Rinca juga memiliki pemandangan karang laut yang indah.

Ada juga berbagai hewan laut di pulau ini untuk bisa disaksikan. Kalau sudah di Pulau Rinca, setidaknya luangkan waktu Anda untuk snorkeling atau menyelam dan menyaksikan keindahan hewan laut yang ada.

6. Puncak Waringin

Puncak Waringin adalah salah satu destinasi yang dekat dengan kota. Untuk sampai ke puncak, Anda hanya perlu beberapa menit berjalan kaki ke atas bukit.

Sesampainya di kawasan puncak, maka wisata ini akan menawarkan pemandangan laut, area pelabuhan dan pulau-pulau di dekatnya.

Puncak Waringin juga merupakan tempat yang bagus untuk dikunjungi saat matahari terbit atau terbenam, bukan hanya karena pemandangannya tetapi juga karena sangat mudah untuk dicapai.

7. Desa Wae Rebo

Jika Anda memiliki beberapa hari ekstra untuk dihabiskan di Labuan Bajo dan ingin merasakan budaya asli daerah ini, pergilah ke Desa Wae Rebo. Desa Wae Rebo adalah salah satu kawasan yang kaya budaya/

Wae Rebo adalah sebuah desa yang dihuni oleh beberapa masyarakat adat yang masih mempertahankan tradisi mereka dengan memilih untuk tinggal di sini, di tengah pegunungan berhutan.

Masyarakatnya masih tinggal di rumah jerami tradisional berbentuk kerucut yang disebut Mbaru Niang. Masyarakat sekitar sangat ramah dan selalu menyambut orang-orang yang ingin datang dan melihat gaya hidup mereka dan menghabiskan waktu di tengah-tengah mereka.

Mbaru Niang sendiri adalah rumah adat yang unik karena tidak hanya dijadikan tempat tinggal, namun juga digunakan untuk menyimpan makanan, benih untuk panen berikutnya, dan ada ruang untuk menghormati leluhur mereka. Anda dapat menghabiskan malam di rumah adat Mbaru Niang jika mau.

8. Pulau Padar

Nah, tempat yang wajib dikunjungi selanjutnya di Labuan Bajo adalah Pulau Padar. Pemandangan laut birunya sungguh menakjubkan. Bisa dibilang Pulau Padar adalah tujuan favorit beberapa orang jika berada di Labuan Bajo.

Untuk bisa sampai ke pulau Padar, Anda harus melakukan hiking untuk mencapai titik pandang. Tenang saja, untuk bisa mencapai titik pandang bukan merupakan sebuah pendakian yang sulit. Treknya pendek dan tidak terlalu curam.

Pakai saja sepatu yang nyaman, dan bawa air minum yang cukup. Nantinya, dari atas pulau Anda akan melihat pemandangan pulau yang sangat indah, terutama teluk dengan pantai berpasir.

9. Pantai Pede

Pantai Pede merupakan sebuah kawasan wisata yang memiliki pasir putih sangat lembut dan pemandangan ombak yang menarik.

Kawasan wisata di Labuan Bajo ini memiliki panorama matahari terbenam yang luar biasa memukau. Banyak orang yang suka mengejar sunset di Pantai Pede apalagi suasana pantainya juga menenangkan.

Di Pantai Pede, Anda bisa mendengarkan suara deburan ombak di tepi laut, warna laut yang tidak biasa, siluet matahari yang terbentuk, dan aroma laut yang membuat Anda dijamin betah berlama-lama. Pantai Pede sendiri bisa diakses hanya beberapa menit dari pusat kota Labuan Bajo.

10.  Gili  Laba

Gili Laba berbeda ya dengan Gili Labak, meski keduanya memiliki nama yang hampir sama. Kalau Gili Labak ada di Madura, maka Gili Laba ini adalah sebuah pulau kecil indah di kawasan Labuan Bajo.

Gili Laba sendiri adalah wisata pulau yang dikenal sebuah perbukitan yang begitu eksotis. Bukit di kawasan pulau ini dihiasi dengan padang rumput.

Kalau Anda ingin sekali menuju ke kawasan perbukitannya yang indah untuk bisa menyaksikan pemandangan pulau Gili Laba, maka Anda harus melakukan pendakian selama 1 jam.

11.  Pulau Kalong

Pulau Kalong adalah sebuah tempat kecil tak jauh dari Pulau Komodo. Pulau ini juga disebut dengan pulau kelelawar karena merupakan rumah bagi hewan kelelawar. Jika Anda tiba di sini saat senja, Anda dapat melihat kelelawar  beterbangan.

Pulau ini tidak berpenghuni dan juga memiliki beberapa hutan bakau di sekitarnya. Saat senja, banyak perahu yang berisikan wisatawan berlabuh di dekat pulau agar bisa menyaksikan kelelawar terbang keluar dari pulau.

Anda mungkin juga bisa melihat pemandangan ini di pagi hari, saat kelelawar terbang kembali ke pulau Kalong.

12.   Air Terjun Cunca Rami

Air Terjun Cunca Rami terletak di tengah Hutan Mbeliling. Sangat menantang untuk bisa mencapai air terjun ini karena Anda harus melakukan perjalanan untuk melalui hutan tropis yang lebat.

Nah, karena lokasinya yang cukup terpencil, maka tidak begitu banyak wisatawan yang datang ke lokasi. Namun, bagi Anda yang sangat menyukai ketenangan, maka kawasan wisata yang justru sepi akan membuat Anda lebih merasa damai.

Anda bisa berenang di kolam yang ada di kaki Air Terjun Cunca Rami atau bisa juga lompat tebing jika memang Anda tidak takut dengan ketinggian.

13.  Air Terjun Cunca Wulang

Air terjun lain yang harus dilihat adalah Cunca Wulang. Untuk sampai ke air terjun, Anda harus mencapai Desa Wersawe. Dibandingkan dengan Cunca Rami, maka Cunca Wulang memiliki jalur trekking yang paling mudah.

Kawasan wisata Cunca Wulang tidak terlalu jauh di dalam hutan. Aliran sungai dari air terjun Cunca Wulang benar-benar cantik. Airnya memiliki warna hijau kebiruan dan mengalir di sungai yang dikelilingi oleh dinding batu.

Air terjun Cunca Wulang juga tidak begitu tinggi dan pemandangannya cukup indah. Anda juga bisa berendam di air di sini.

14.  Gua Batu Cermin

Gua Batu Cermin adalah wisata  yang banyak dikunjungi di Labuan Bajo. Kawasan wisata ini hanya berjarak sekitar 6 km dari kota. Nah, dinamakan dengan Gua Cermin Batu karena memang air yang mengalir dari dinding berbatu gua ini bisa menjadi cermin saking jernihnya.

 Ketika sinar matahari hadir melalui celah di dalam gua, maka air bisa berubah menjadi cermin karena memantulkan cahaya. Fenomena ini adalah permainan cahaya, namun banyak orang-orang yang penasaran dan datang ke sini untuk melihatnya.

Nah, untuk melihat fenomena tersebut, Anda harus pergi di pagi hari biasanya antara jam 9 dan 10 saat cahaya menerpa di atas gua.

Tempat ini mengharuskan Anda untuk membayar biaya masuk dan masuknya diatur untuk memastikan bahwa tidak ada kerumunan besar yang bisa merusak formasi batuan di dalam gua.

15.  Bukit Cinta Labuan Bajo

Salah satu titik pandang yang populer di Labuan Bajo dan sayang sekali jika dilewatkan adalah Bukit Cinta atau juga disebut Amelia Sea View.

Untuk bisa sampai ke Bukit Cinta, Anda harus mendaki tebing berbatu dan begitu Anda sampai di atas puncak, maka Anda bisa menyaksikan pemandangan perbukitan hijau dam pemandangan laut yang luas.

Bukit Cinta juga merupakan tempat yang bagus untuk melihat matahari terbit atau terbenam. Sayang, tempat wisata ini bisa menjadi sedikit panas bagi  jika Anda datang saat siang hari. Jadi, cobalah melakukan perjalanan di pagi atau sore hari.

Labuan Bajo memang sebuah tempat yang menjadi gudangnya destinasi wisata alam yang indah dan memukau. Anda yang mungkin sedang merencanakan liburan ke Labuan Bajo, jangan lewatkan 15 tempat wisata di atas untuk menjadi pertimbangan.