Open Trip Labuan Bajo

Menghabiskan waktu luang dengan berlibur merupakan aktivitas yang tak lekang oleh zaman. Indonesia memiliki berbagai destinasi wisata yang tidak terhingga, salah satunya ada Labuan Bajo Trip. trip Labuan Bajo sering kali menjadi opsi untuk liburan menyenangkan.

[caption id="attachment_4411" align="alignnone" width="1440"]open trip labuan bajo open trip labuan bajo[/caption]

Menjauh dari segala hal yang melelahkan bisa dilakukan dengan menikmati gemuruh ombak dan dinginnya air laut. Bisa juga merasakan dingin dan sejuk udara khas pegunungan yang menusuk kulit. Berbaur di keramahan masyarakat dalam mempelajari budaya juga tidak mengecewakan. Liburan menjadi lebih mudah dengan paket trip Labuan Bajo.

Open Trip Labuan Bajo, Liburan Explore Pengalaman Tidak Terlupakan


Labuan Bajo terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur ujung paling barat pulau Flores. Kota nelayan ini mulai dikenal sebagai tempat wisata dan menjadi salah satunya favorit setelah pergelaran Sailing Komodo beberapa tahun yang lalu.

Para wisatawan dapat menikmati pemandangan dan merasakan momen matahari terbit dari Pulau Padar dengan mengikuti paket tour Labuan Bajo. Banyak wisata yang bisa disinggahi meski budget terbatas.

Tentang Labuan Bajo


Kota nelayan di NTT, Indonesia ini memiliki fungsi strategis sebagai pusat perdagangan, pemerintahan, pendidikan, dan pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat. Bahkan, tidak kalah dengan kota-kota lain di Indonesia yang sering menjadi tujuan wisata.

Kota ini memiliki keunikan, yakni sebagai kota pelabuhan bertingkat. Meskipun pesisir pantainya tidak begitu luas, tetapi tetap menyuguhkan pemandangan dataran hijau yang berbukit-bukit. Lebih menarik lagi berkat pulau-pulau kecil tak berpenghuni tersebar di sekitarnya.

Pusat pariwisata teramai di Flores ini disebut-sebut sebagai titik singgah utama bagi para wisatawan yang hendak pergi ke Pulau Komodo. Tak mengherankan bila kota ini tak pernah ketinggalan dalam pilihan paket tour atau open trip Labuan Bajo.

Rute Menuju Labuan Bajo


Terdapat dua alternatif yang bisa dipilih untuk sampai ke Labuan Bajo, yakni menggunakan jau darat dan jalur udara. Untuk jalur darat bisa menggunakan akses laut, menggunakan paket perjalanan kapal yang disediakan oleh PT PELNI. Perjalanan menggunakan akses laut ini cukup memakan waktu dibandingkan dengan menggunakan pesawat.

Sementara itu, untuk jalur udara, bisa menggunakan paket penerbangan yang telah disediakan oleh sejumlah maskapai, seperti Wings Air, Lion Air, Kal Star, atau Garuda Indonesia. Apabila Anda berangkat dari kota-kota besar di wilayah barat, biasanya penerbangan akan transit dahulu di Bali.

Sesampainya di Labuan Bajo, alat transportasi utama yang akan digunakan adalah perahu. Perahu akan menemani menjelajahi setiap pulau yang ada di sana. Paket open Trip Labuan Bajo menggunakan perahu cukup beragam, tergantung dengan destinasi dan kenyamanan selama perjalanan.

Untuk tarif yang paling murah, bisa menyewa perahu untuk mengunjungi Pulau Komodo, Pink Beach, dan Pulau Radar. Dalam satu perahu dapat memuat 5-15 orang dan bisa disewa seharian.

Pilihan Terbaik Destinasi Wisata di Labuan Bajo


Dalam paket open trip Labuan Bajo pasti ada beberapa pilihan spot wisata menarik yang bisa Anda kunjungi. Banyak spot yang menjadi favorit wisatawan, bahkan banyak yang kembali lagi. Berikut ini beberapa pilihan spot terbaik dan favorit untuk menjadi referensi Anda.

Pulau Rinca


Secara Geografis, pulau ini termasuk dalam wilayah Taman Nasional Komodo dan dekat dengan Pulau Komodo. Di pulau ini hidup berbagai jenis binatang, seperti kerbau, burung, babi liar, dan komodo. Pulau Rinca dapat dicapai dengan perahu kecil dari Labuan Bajo di Flores Barat.

Luas pulaunya sekitar 198 kilometer persegi dan terdapat Desa Pasir Panjang. Pulau ini juga menawarkan paket keindahan yang mengagumkan. Mulai dari aktivitas trekking, pulau ini menawarkan jalur penjelajahan lebih menantang dari Pulau Komodo.

Pulau ini berada di sebelah barat Pulau Flores yang dipisahkan oleh Selat Molo. Titik tertingginya berada di Doro (Gunung) Ora.

Pulau Komodo


Wisatawan domestik dan mancanegara memilih Pulau Komodo sebagai spot wisata terbaik dengan daya tarik besar di Labuan Bajo.  Di pulau ini para wisatawan dapat melihat secara langsung kehidupan liar kadal raksasa, Komodo dengan 3 pilihan paket trekking.

Open Trip Labuan Bajo pilihan mulai dari short track, medium track, dan long track. Selama penjelajahan, wisatawan tidak perlu khawatir karena sudah ada pawang atau jagawana yang siap menemani dan mengarahkan wisatawan menjelajahi spot-spot menarik.

Pulau ini terletak di sebelah timur Pulau Sumbawa dan dipisahkan oleh Selat Sape. Pulau ini dikenal sebagai habitat asli hewan Komodo. Selain Komodo, ada juga eksotisme flora yang kaya, misalnya seperti kayu Sepang.

Pulau Padar


Pulau ini merupakan pulau terbesar ketiga di kawasan Taman Nasional Komodo, setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Dipisahkan oleh Selat Lintah, sekitar pulau ini terdapat tiga atau empat pulau kecil. Menariknya, pulau ini tidak dihuni oleh Komodo karena rantai makanan yang terputus.

Para wisatawan dengan open Trip Labuan Bajo yang ingin menapaki pulau ini harus melakukan treking cukup menantang. Sesampainya di puncak, semua lelah terasa terbayar dengan keindahan dari pemandangan pantai 3 warna. Para wisatawan juga akan melihat  jajaran pulau kecil yang tersebar di sekitarnya.

Pink Beach


Destinasi favorit selanjutnya yang harus masuk dalam pilihan paket open trip Labuan Bajo adalah pantai pink. Letaknya di sebelah barat pulau Flores. Dilihat dari namanya, daya tarik pantai ini adalah karena pasir pantainya berwarna merah muda atau pink.

Warna ini berasal dari campuran pasir putih dengan serpihan-serpihan cangkang, karang, dan invertebrata warna merah. Wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti diving, snorkeling, atau sunbathing. Pantai ini sering disebut sebagai pantai romantis

Tidak hanya menarik dari segi alam saja, Pink Beach memiliki spesimen biota laut. Ada 1000 spesies ikan dan 260 spesies terumbu karang. Ombaknya cukup tenang, cocok untuk kegiatan snorkeling dan diving melihat biota laut. Terumbu karang yang cantik dihiasi dengan aneka jenis ikan berwarna-warni.

Pulau Kanawa


Pulau Kanawa termasuk salah satu destinasi wisata pilihan di paket wisata open trip Labuan Bajo. Pink Beach memiliki berbagai spesies biota laut, Pulau Kanawa ini memiliki berbagai macam terumbu karang yang mengelilingi.

Sebagian orang mengatakan bahwa  pulau ini hampir seperti pulau pribadi. Karena, tak banyak wisatawan yang mengunjunginya dan Anda bisa menghindari keramaian. Menariknya, pulau ini memiliki dermaga untuk kapal wisata.

Tidak hanya biota laut, Pulau Kanawa memiliki bukit di tengah pulau. Jalannya tidak terlalu sulit karena hanya ada rerumputan, wisatawan dapat mendaki-nya. Bagi Anda pecinta sunset dan sunrise, Kanawa menawarkan pesona apik golden sunset yang indah.

Pulau Kelor


Selain Pulau Kanawa yang cocok untuk Anda yang menyukai sepi, Pulau Kelor juga bisa menjadi pilihan. Pulau tak berpenghuni ini bisa menjadi tempat singgah terakhir dalam rangkaian open Trip Labuan Bajo. Berkeliling atau bermain di pantai sebelum kembali ke Labuan Bajo.

Pasirnya lembut, air laut yang jernih cocok untuk sekedar bersantai atau bermeditasi. Suara ombak, air, dan angin yang berpadu menjadi alunan merdu. Menikmati pemandangan luasnya laut dan birunya langit seperti sementara melepas beban yang ada di pundak.

Manta Point Labuan Bajo


Manta merupakan rumah bagi para spesies ikan pari atau manta rey khas Indonesia Timur. Destinasi wisata ini sedang digemari oleh para wisatawan karena menawarkan pengalaman bertemu langsung dengan para manta Ray.

Rey merupakan salah satu satwa langka kebanggaan Indonesia. Wisatawan dapat berenang bersama Manta Ray, melihat ubur-ubur, berjumpa dengan komodo, hingga menemukan biota laut.

Taka Makassar


Destinasi wisata yang perlu dipertimbangkan untuk masuk dalam list paket open trip Labuan Bajo selanjutnya adalah Taka Makassar. Nama ini berasal dari Taka yang berarti dangkal dan Makasar merujuk pada orang Bugis yang pertama kali menemukan pulau tersebut.

Taka Makassar termasuk dalam spot wisata yang sangat disayangkan bila tidak dikunjungi saat berada di Taman Nasional Komodo. Anda bisa mengunjungi pulau tak berpenghuni di pagi atau sore hari. Pasalnya, tidak ada pohon yang membuat terasa menyengat di siang hari.

Pulau Kalong Komodo


Wisatawan akan melihat banyak pohon eksotis di pulau tidak berpenghuni ini. Pulau ini menjadi habitat jutaan kelelawar raksasa kalong. Karena itulah, pulau ini disebut dengan Pulau Kalong. Saat senja mulai nampak, para kalong ini akan keluar dari sarangnya.

Mereka akan terbang dalam jumlah yang sangat banyak hingga memukau wisatawan. Selain itu, anda juga bisa melihat habitat ubur-ubur sembari snorkeling atau menyelam. Pastikan tidak melewatkan keindahan alamnya dan mengunjungi pulau ini dengan open Trip Labuan Bajo. Anda juga perlu berhati-hati saat di pulau ini karena memiliki populasi ular piton cukup banyak.

Paket Wisata Labuan Bajo


Labuan Bajo menjadi destinasi wisata yang ingin dikunjungi oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara. Para wisatawan bisa menikmati wisata bahari seperti snorkeling, diving, dan sailing berlayar menggunakan kapal phinisi atau kapal boat.

Wisatawan yang mengikuti paket tour Labuan Bajo bebas memilih paket wisata. Ada dua program, yakni:

  • Private Trip, lebih cenderung fleksibel bila berangkat bersama rombongan atau group in tour.

  • Open Trip, lebih hemat budget karena biaya dilakukan dengan sharing tamu lainnya. Program ini menjadi banyak rekomendasi open Trip Labuan Bajo yang tepat untuk jumlah peserta sedikit atau sendirian.


Anda bisa menikmati berbagai tempat wisata menarik dan keindahan Labuan Bajo menggunakan paket tour Labuan Bajo. Tersedia berbagai pilihan paket yang bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

Paket Tour 1 Hari


Bila Anda hanya memiliki waktu singkat untuk menjelajah setiap sisi wilayah Labuan Bajo. Paket ini cocok untuk Anda untuk open Trip Labuan Bajo seharian menggunakan fast boat. Anda bisa mencoba berbagai macam aktivitas menarik, seperti snorkeling, berenang, trekking, dan melihat komodo.

Paket Tour 2 Hari 1 Malam


Paket yang satu ini cocok untuk Anda backpacker dengan budget terbatas 2 hari 1 malam. Anda perlu trekking melewati hutan untuk melihat secara langsung komodo, biota laut, dan snorkeling. Anda juga bisa mengunjungi Pulau Kalong dan melihat atraksi Kalong saat matahari terbenam.

Paket Tour 3 Hari 2 Malam


Bia memiliki waktu lebih, Anda bisa memilih paket open Trip Labuan Bajo reguler selama 3 hari 2 malam. Harganya sangat ramah di kantong dengan berbagai fasilitas menarik. Wisata di Labuan Bajo akan semakin berkesan dengan melakukan berbagai aktivitas.

Misalnya seperti memandang indahnya matahari terbenam dari atas kapal, berenang atau snorkeling di laut Labuan Bajo, trekking menyusuri hutan untuk melihat hewan eksotis komodo. Anda juga bisa melihat atraksi Kalong di Pulau Kalong saat matahari terbenam.

Open Trip Phinisi Labuan Bajo 3 Hari 2 Malam Premium


Meskipun bertema sharing trip karena open Trip Labuan Bajo, Anda tetap bisa menikmati liburan di Labuan Bajo dari atas kapal premium. Anda juga bisa mendapatkan kamar dan balkon pribadi. Tidak hanya akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas phinisi kelas premium, namun Anda juga akan diajak mencoba berbagai aktivitas seru.

Snorkeling dan berenang berada di urutan atas fasilitasnya. Anda juga bisa menyaksikan komodo, trekking, menyusur Pulau Kalong, dan menonton atraksi menarik. Anda juga bisa menikmati indahnya semburat jingga sunset di atas kapal tanpa ada penghalang.

Pilihan Terbaik Trip Labuan Bajo


Semua kegiatan mengasyikkan dan menarik sudah termasuk dalam paket trip Labuan Bajo. Mulai dari fotografi, trekking, menikmati keindahannya, menginap di atas kapal, hingga berlayar atau sailing. Ada banyak pulau dan destinasi wisata di Labuan Bajo yang bisa dipilih.

Paket tiket pesawat dan hotel bisa disesuaikan dengan pilihan paket Anda. Menggunakan paket open trip Labuan Bajo bisa membantu menghemat biaya dan tenaga. Anda juga bisa berpotensi mendapatkan tour guide untuk berkeliling di Labuan Bajo.