Kapal Labuan Bajo

Sewa kapal Labuan Bajo bisa menjadi salah satu perjalanan paket liburan di Labuan Bajo yang wajib dirasakan. Berpetualang di Taman Nasional Komodo akan lebih mengasyikan dengan menggunakan kapal Phinisi atau Speed boat. Kapal Phinisi merupakan kapal asli khas Indonesia dari daerah Sulawesi.

Kapal labuan bajo Komodo Nuusa Tenggara Timur Indonesia

Di Labuan Bajo kapal yang tersedia ada banyak dan menawarkan fasilitas lebih di kapal phinisi dan kapal pesiar Labuan Bajo. Hal yang paling membedakan satu dengan lainnya adalah ukuran, fasilitas, dan harga kapal wisata Labuan Bajo. Para wisatawan dapat menikmati kapal mewah Labuan Bajo.

Kapal Labuan Bajo, Kemewahan Berlayar dengan Pemandangan Lautan Eksotis


Nama-nama yang digunakan untuk kapal-kapal ni berunsur feminim seperti Levia, Alexa, Helena, dan lainnya. Hal ini ternyata berdasarkan konvensi internasional, lalu nama wanita atau netral sepakat digunakan menyebut penjelajah samudera ini.

Berlayar menggunakan kapal phinisi sangat cocok untuk membelah laut dengan latar belakang pemandangan indah. Cara ini juga cocok untuk wisatawan yang tidak terburu-buru dan mendedikasikan diri untuk wisata yang lama.

Keunggulan Menggunakan Kapal untuk Liburan


Kapal phinisi cocok untuk kegiatan berwisata atau island hopping dari satu pulau ke pulau lainnya dengan santai. Pulau-pulau di Labuan Bajo di sepanjang Selat Sape yang memisahkan Bajo di Pulau Flores dengan Sumbawa menjadi tujuannya. Ada juga Padar, Rinca, Komodo yang wajib dikunjungi selagi di Labuan Bajo.

Keunggulan menggunakan kapal labuan bajo untuk berlibur di pulau ini adalah sebagai alat transportasi premium dan privat. Pilihan kapal dan fasilitas tergantung dengan paket yang dipilih. Misalnya dengan memilih paket kapal dengan wisata air seperti snorkeling atau menyelam.

Penggunaan kapal juga akan lebih mudah dalam akses untuk bermain dengan air. Wisatawan tidak perlu kembali ke hotel atau penginapan, bisa langsung beristirahat di kapal. Wisatawan juga dapat menikmati wisata di pantai atau laut dengan lebih leluasa.

Ada paket yang menawarkan berenang diantara ikan pari yang banyak berkumpul di Manta Point. Sebenarnya, paket pilihan kapal tidak harus dan hanya di air saja. Karena ada wisata trekking di pulau-pulau sekitar Labuan Bajo. Bahkan ada yang menawarkan kedua pilihan tersebut.

Liburan Privat Lebih Nyaman


Meskipun fasilitas kapal Labuan Bajo yang ditawarkan berbeda-beda tergantung dengan tingkat kemewahan, umumnya kapal phinisi yang ditawarkan sudah cukup nyaman. Biasanya awak kapal yang ikut dalam paket terdiri dari nahkoda, tour guide, tukang masak, dan beberapa ABK lainnya

Fasilitas dasarnya sudah pasti ada kabin ber-AC untuk tidur, makan di atas kapal, dan kamar mandi. Bayangkan saja wisatawan makan malam di atas kapal dengan pemandangan kanan kiri laut biru nan jernih dan pulau menarik memanjakan mata.

Bahkan dapat menikmati pemandangan kapal-kapal labuan bajo lainnya yang berhenti di tengah laut. Tidak perlu khawatir karena nahkoda sudah pasti berpengalaman dan profesional untuk memilih laut tenang dan mengendalikan kapal.

Destinasi Wisata Pilihan Wisatawan


Sailing di Labuan Bajo tidak akan terlupakan karena ada banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi, seperti beberapa tempat wisata pilihan wisatawan di bawah ini:

1. Pulau Padar


Pulau ini memiliki predikat sebagai pulau ketiga terbesar di kawasan Taman Nasional Komodo. Meski terkenal sebagai habitat asli Komodo, nyatanya pulau ini tidak dihuni lagi oleh Komodo karena rantai makanan yang terputus. Wisatawan dapat menikmati keindahan panorama di atas bukit.

Meski trekking di jalur pulau ini cukup melelahkan, rasa lelah akan menghilang dalam sekejap karena panoramanya. Wisatawan dapat mengabadikan momen menarik menjadi kegiatan yang tidak akan terlupakan.

2. Taka Makassar


Destinasi wisata yang unik ini hanya berisi gugusan pasir putih. Pulau ini berbentuk kecil dan melengkung mirip angka sembilan. Wisatawan dapat melihat fenomena ini saat kondisi air laut sedang surut. Wisatawan bisa bersenang-senang dari atas kapal pesiar dengan sewa kapal Labuan Bajo.

3. Pulau Kanawa


Meski memiliki luas yang tidak besar, Pulau Kanawa menyimpan berbagai macam terumbu karang yang mengelilinginya. Pulau ini hampir seperti private island yang mempesona. Bahkan ada dermaga tersendiri untuk kapal wisata yang membawa wisatawan menikmati pesona dari pulau ini.

4. Pulau Kelor


Pulau kecil tidak berpenghuni ini terkenal memiliki segudang keindahan dengan pasir putih dan deretan bukit. Wisatawan dapat melakukan tracking di tengah pulau yang cukup menantang. Meskipun terlihat pendek, membutuhkan usaha untuk mencapai puncak. Saat mencapai puncak, wisatawan tidak akan merasa menyesal melihat pemandangan dari atas.

5. Pulau Kalong


Sama seperti namanya, pulau ini dihuni oleh kalong atau kelelawar raksasa. Wisatawan bisa melihat banyak pohon eksotis yang menjadi habitat kalong. Pemandangan matahari terbenam di pulau ini menjadi awal dari para kalong mulai ‘terbangun’. Wisatawan dapat melihat siluet kalong-kalong berterbangan di langit dari atas kapal Labuan Bajo.

6. Pink Beach


Pantai ini termasuk salah satu dari tujuh pantai lain dengan warna pink di dunia. Wisatawan dapat berenang dengan nyaman atau hanya bermain di pinggir pantai. Warna yang unik ini membuat wisatawan mancanegara tertarik untuk datang.

7. Pulau Komodo


Tujuan utama di Labuan Bajo adalah mengunjungi komodo di Pulau Komodo. Pulau ini termasuk satu dari 7 Keajaiban Dunia. Wisatawan dapat berkeliling di pulau ini dengan kapal Labuan Bajo untuk melihat para komodo. Tidak perlu khawatir karena ada Ranger yang memimpin perjalanan supaya tetap aman.

8. Pulau Rinca


Pulau selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Pulau Rinca yang masih berada di satu kawasan dengan Taman Nasional Komodo. Letaknya lebih dekat dengan Labuan Bajo dibandingkan Pulau Komodo. Titik tertinggi pulau ini berada di Doro (Gunung) Ora.

Luas Taman Nasional Komodo kurang lebih 173.000 ha terdiri dari tiga pulau dan perairan. Melihat Taman Nasional Komodo yang luas ini rasanya tidak cukup bila menjelajahi hanya dalam 1 hari saja. Setidaknya membutuhkan waktu lebih dari 3 hari 3 malam untuk menjelajah semua tempat di TNK ini dengan paket menginap di kapal Labuan Bajo.

Alasan Memilih Tour Kapal Phinisi


Trip wisata privat menjadi salah satunya alasan memilih wisata dengan paket kapal. Kemudahan transportasi, cenderung fleksibel, dan lebih hemat cocok untuk rombongan atau open trip dengan jumlah peserta besar. Ada banyak kapal yang tersedia, mulai dari phinisi, speedboat, dan kapal open deck yang bisa di sewa. Mulai dari standar hingga luxury dengan harga yang bervariasi.

Wisatawan bisa melakukan private trip sailing Komodo sekaligus merasakan sensasi berlayar di atas kapal. untuk lebih menghemat pengeluaran liburan, wisatawan bisa memilih paket trip terbuka labuan bajo. Berikut ini beberapa jenis kapalnya.

Speed Boat


Bila hanya memiliki durasi singkat untuk menjelajahi pulau ini, pilihan kapal labuan bajo speedboat ini adalah tepat. Kapal ini bisa ditemukan dengan mudah di dermaga Labuan Bajo. Secara singkat, wisatawan dapat mengunjungi Pulau Komodo, Rinca, Padar, Pink Beach, Takka Makassar, Manta Point, Kanwa, dan masih banyak lagi.

Speedboat ini dilengkapi dengan fasilitas nyaman, seperti kursi empuk, dapur mini, dan kamar mandi. Fasilitas lengkap ini dapat memenuhi kebutuhan wisatawan selama berlibur secara singkat.

Kapal Open Deck


Kapal labuan bajo ini merupakan jenis kapal tanpa kabin. Pada umumnya, kaal ini digunakan untuk sailing tour 1 hari di Taman Nasional Komodo. Destinasi wisata yang dituju dengan kapal ini biasanya hanya sampai tiga-empat pulau.

Jadi, kapal ini cocok untuk waktu wisata yang lebih singkat daripada menggunakan speedboat. Karena itu, tidak heran juga harga sewa kapal Labuan Bajo tipe ini lebih murah dibandingkan dengan kapal lainnya.

Kapal Standar


Kapal sewa ini merupakan kapal semi phinisi atau kapal yacht dengan harga sewa termurah. Bila budget wisata pas-pasan untuk sewa kapal tetapi tetap ingin merasakan sensasi naik phinis, pilihan ini sangat tepat. Wisatawan tetap bisa menikmati keindahan alam Taman Nasional Komodo dan sekitarnya dari kapal phinisi berkualitas dengan budget ramah kantong.

Superior Phinisi


Jenis kapal di atas kapal standar ini memiliki kapasitas sekitar 8-20 orang. Fasilitasnya memang cukup standar tetapi tetap terasa premium. Ada dining room, sun deck, bean bags, rooftop, canoe, towel, hingga WiFi. Kapal ini bisa menjadi alternatif untuk wisata rombongan dengan budget menengah.

Deluxe Phinisi


Kapal ini memiliki fasilitas dan kapasitas yang hampir mirip dengan kapal labuan bajo jenis Superior Phinisi, meski fasilitasnya lebih atas. Menginap di atas kapal terasa lebih menyenangkan dengan berbagai layanan. Kapal ini memberikan kenyamanan ekstra dengan tampilan mewah.

Memilih paket kapal ini sudah termasuk dengan aktivitas menyenangkan di laut. Seperti berenang, snorkeling, atau melihat pemandangan lautan dengan makan di atas kapal.

Luxury Phinisi


Kapal phinisi jenis ini memiliki kapasitas lebih besar dari jenis kapal-kapal sebelumnya. Fasilitasnya lebih unggul dan mewah dari kapal sebelumnya. Umumnya kapal ini dapat menampung 8 ingga 28 penumpang. Dengan kapasitas ini, kapal ini cocok sebagai pilihan private tour sailing komodo bersama rombongan. Wisatawan juga dapat merasakan kabin kapal layaknya di kamar hotel.

Kapal-Kapal Rekomendasi untuk Menemani Liburan


Setelah tahu jenis-jenis kapal labuan bajo, kini ada sejumlah kapal yang bisa menemani, diantaranya:

  • Kapal Floresta Phinisi

  • Magia II Phinisi

  • Zada Ulla Phinisi

  • La Nissa Phinisi

  • Adishree Phinisi

  • Cajoma IV Phinisi

  • Vinca Voyage Phinisi

  • Amalia Bahari Phinisi

  • Lalunia Phinisi

  • La Dyana Phinisi

  • Natural Phinisi

  • Arfiyana Indah Phinisi

  • Mutiara Phinisi, dan masih banyak lagi.


Setiap jenis kapalnya memiliki keunggulan fasilitas dan juga pelayanan. Harganya juga beragam bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas. Pergi wisata ke Labuan Bajo tanpa menaiki kapal cukup menyayangkan. Karena daya tarik utamanya adalah mendapat pengalaman menginap dengan sewa kapal Labuan Bajo atau disebut dengan liveaboard.

Liveaboard Labuan Bajo


Wisatawan pasti akan menyukai ide yang satu ini. Liveaboard menawarkan rutinitas menarik sebagai bagian dari perjalanan wisata. Karena wisatawan dapat merasakan hidup di lautan lepas, makan siang dan atau makan malam sembari menikmati suasana hamparan lautan.

Wisatawan juga bisa melihat perpaduan dari laut, pegunungan, dan hamparan pasir yang menghasilkan keindahan di Labuan Bajo. Bila berangkat liburan ke Labuan Bajo bersama keluarga dan ingin merasakan sensasi tinggal di kapal, kapal dengan kapasitas 4 kamar berukuran medium cukup nyaman untuk keluarga.

Bila masih takut untuk naik kapal masuk dalam list liburan, pihak penyedia akan memastikan wisatawan mendapatkan perlindungan sesuai standar. Hampir semua jenis kapal memiliki safety equipment, seperti life jacket, lifebuoy, dan fire extinguishers.

Wisatawan bisa menyesuaikan kebutuhan liburan untuk berapa hari dan berapa orang yang ikut. Ada banyak program yang bisa dipilih dengan berbagi fasilitas dan aktivitas menarik. Tidak perlu ragu lagi karena semua harga rasanya terbayar dengan apa yang didapatkan dari Labuan Bajo ini.

Sewa kapal labuan bajo dapat mengantarkan wisatawan untuk berkeliling hingga puas melihat dan berfoto dengan alam, komodo, maupun menikmati aktivitas alamnya. Destinasi-destinasi wisatanya juga menarik untuk dikunjungi satu per satu.