Destinasi

Destinasi wisata adalah tempat atau tujuan untuk melakukan wisata. Namun, pastinya hal itu masih belum dijabarkan secara lengkap. Ada banyak sekali penjelasan atau pendapat tentang apa itu destinasi wisata.

Destinasi wisata adalah

Destinasi wisata sendiri merupakan gabungan dari dua kata yang masing-masing memiliki penjelasan. Untuk bisa mengetahui arti dari frasa tersebut pastinya harus memahami makna dari masing-masing kata tersebut. Dengan begitu baru bisa mendapatkan pengertian yang lengkap.

Destinasi Wisata Adalah Pengertian yang Perlu diketahui dari Para Ahli


Cara memahami arti dari destinasi wisata pastinya harus diketahui dari berbagai pendapat ahli. Mengingat, pendapat dari para ahli ini pastinya lebih bisa dipertanggungjawabkan. Pendapatnya pastinya juga memang bisa dipercaya.

Para ahli ini sendiri pastinya juga banyak sekali. Berikut ini adalah beberapa pendapat yang bisa diketahui dari beberapa ahli.

Pengertian Destinasi


Sebelum mengetahui lebih dalam tentang destinasi wisata pastinya akan lebih baik jika mengetahui apa itu destinasi. Nah, ada banyak sekali pengertian dari para ahli tentang apa itu destinasi.

Pertama, destinasi menurut Hu dan Ritchie adalah sebuah paket (bundle) yang terdiri dari berbagai fasilitas dan layanan pariwisata yang seperti produk jasa yang lainnya, terdiri dari sejumlah atribut multidimensi yang bersama-sama menentukan daya tariknya bagi individu tertentu dalam situasi pilihan tertentu.

Pengertian yang kedua, destinasi adalah kombinasi dari produk, layanan dan pengalaman pariwisata yang disediakan secara lokal. Hal itu diungkapkan oleh Buhalis, 2000; Cooper et al., 1998. Destinasi adalah tempat umum tempat umum yang menawarkan berbagai atraksi dan layanan kepada subjek yang berada di lingkup khusus.

Pengertian Destinasi Wisata


Pertama, Destinasi wisata adalah kawasan geografis yang berada dalam satu atau lebih wilayah administratif yang di dalamnya terdapat daya tarik wisata, fasilitas pariwisata, fasilitas umum, aksesibilitas, serta pihak masyarakat yang saling terkait sekaliguss melengkapi terwujudnya kepariwisataan. Hal itu seperti yang dijelaskan pada UU No. 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.

Pengertian berikutnya dari destinasi wisata ini diungkapkan oleh Aby Negawa yang berbunyi, "Suatu entitas pada suatu wilayah geografis tertentu yang di dalamnya terdapat komponen produk pariwisata dan layanan, serta unsur pendukung lainnya seperti  masyarakat, pelaku industri pariwisata, serta institusi pengembang yang membentuk suatu sistem yang sinergis dalam membangun motivasi kunjungan serta totalitas pengalaman kunjungan bagi para wisatawan.

Bisa ditarik kesimpulan bahwa destinasi wisata adalah suatu tempat yang umum namun di dalamnya ada daya tariknya. Biasanya tempat yang dijadikan destinasi wisata ini sudah memiliki berbagai hal sesuai dengan kebutuhan wisatawan. Ada banyak sekali hal yang dibutuhkan oleh wisatawan.

Diantaranya adalah keunikan atau daya tarik dari tempat wisata tersebut, fasilitas yang menunjang, seperti transportasi, tempat makan, toilet, dan sebagainya. Ketika sudah memiliki hal tersebut pastinya tempat itu bisa benar-benar menjadi destinasi wisata.

Saat ini ada banyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Indonesia memiliki alam yang cukup indah sehingga banyak menawarkan destinasi wisata alam. Salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi adalah Labuan Bajo.

Tempat ini memiliki banyak sekali daya tarik. Keindahan alam yang dimiliki bisa dibilang 'surga’ bagi penikmat wisata alam. Di sini juga ada hewan yang dilindungi yakni Komodo.

Komodo juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Mengingat, komodo memiliki habitat asli di daerah ini.

Dengan berbagai penjelasan di atas bisa diketahui jika destinasi wisata adalah sebuah tempat yang memiliki daya tarik wisata. Salah satu destinasi wisata yang sudah mendunia adalah Labuan Bajo.