Destinasi Wisata Indonesia

Destinasi wisata Indonesia menawarkan pesona kekayaan alam dan budaya yang luar biasa. Tidak hanya populer di dalam negeri, Indonesia memiliki tempat-tempat eksotik yang sudah mendunia. Keindahan yang ditawarkan berhasil memikat dan mencuri perhatian wisatawan domestik hingga wisatawan asing.

Destinasi Wisata Indonesia

Destinasi Wisata Indonesia sebagai Tempat Liburan Pesohor Dunia


Berikut ini deretan objek wisata Indonesia yang wajib dikunjungi. Mulai dari wisata pantai, wisata danau, pegunungan, taman nasional, dan lain sebagainya.

Taman Nasional Komodo


Taman Nasional Komodo merupakan pulau atau habitat kadal purba raksasa komodo. Habitat hewan yang hampir punah ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan.

Pulau Komodo memiliki tiga pulau yang terkenal dengan sebutan Pulau Komodo, Pulau Padar, dan Pulau Rinca. Saat mengunjungi destinasi wisata Nusa Tenggara Timur ini, para wisatawan tidak hanya menyaksikan hewan prasejarah komodo saja. Namun, juga bisa mengunjungi tempat-tempat indah lainnya. Seperti Pink Beach, Labuan Bajo, Wisata Budaya Kampung Melo, hingga Pulau Manjarite.

Kepulauan Derawan


Kepulauan Derawan merupakan pulau terbesar di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Memiliki sejumlah objek wisata bahari yang mempesona, salah satunya adalah Taman Bawah Laut.

Tak sedikit wisatawan mancanegara berkunjung ke Taman Bawah Laut untuk melihat keindahannya, terutama para penyelam kelas dunia. Perpaduan hamparan pasir putih, warna air yang jernih, dan ekosistem bawah lautnya, menjadi daya tarik tersendiri.

Keasrian dan kebersihan alamnya terjaga dengan baik. Hal inilah yang membuat banyak wisatawan berbondong-bondong untuk menyambanginya.

Pada tahun 2005 lalu, Kepulauan Derawan terdaftar sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO. Bahkan, destinasi wisata ini terkenal dengan julukannya sebagai “Pristine Island”.

Candi Borobudur


Candi Borobudur adalah destinasi wisata bersejarah kebangaan Indonesia. Menjadi candi Budha terbesar di dunia yang hingga saat ini diakui keberadaannya.

Candi Budha ini memiliki setidaknya 2.672 panel relief serta 504 patung Budha. Tidak ada candi-candi Budha lainnya yang berhasil menandingi arsitekturnya.

Setiap reliefnya memiliki ukiran yang menggambarkan kehidupan Budha. Candi ini disebut-sebut sebagai ansambel relief Budha terbesar dan terlengkap di dunia. Situs kuno yang penuh dengan nilai bersejarah ini dianggap sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Raja Ampat


Raja Ampat terkenal dengan julukannya sebagai surga tersembunyi di Timur Indonesia. Memiliki gugusan pulau yang terdiri dari 1.500 pulau kecil dan gundukan pasir.

Tak hanya itu, Raja Ampat memiliki beting yang mengelilingi empat pulau utama. Sebut saja, Misool, Waigeo, Salawati, hingga Batanta.

Wilayah Raja Ampat memiliki 9,8 juta hektar tanah dan laut. Kekayaan alamnya yang luar biasa, menjadi rumah bagi 540 jenis kerang, 700 jenis moluska, hingga lebih dari 1.000 jenis ikan karang.

Pantai Parai Tenggiri


Pantai Parai Tenggiri merupakan destinasi wisata Indonesia yang semakin populer sejak dijadikan sebagai latar tempat film Laskar Pelangi. Wisata pantai yang terletak di Pulau Belitung ini memiliki air laut berwarna hijau toska dengan hamparan pasir lembut.

Ombaknya tidak terlalu besar, sehingga wisatawan bisa bermain air maupun berenang dengan aman. Para wisatawan yang datang berkunjung juga bisa menjajal aktivitas seru lainnya. Seperti memancing, menyelam, parasailing, hingga snorkeling.

Kepulauan Wakatobi


Kepulauan Wakatobi dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Sulawesi Tenggara. Wakatobi menjadi tempat tinggal ratusan jenis karang. Bahkan, dari 820 jenis karang, sebanyak 750 ditemukan di kepulauan ini.

Potensi alam yang menakjubkan inilah membuat Kepulauan Wakatobi resmi sebagai Cagar Biosfer Bumi ke delapan di Indonesia oleh UNESCO pada 2012 silam. Kepulauan Wakatobi terbagi menjadi empat pulau utama yang dikenal dengan sebutan Pulau Tomia, Pulau Wangi-Wangi, Pulau Binongko, dan Pulau Kaledupa.

Saat berkunjung ke objek wisata ini, para wisatawan bisa mencoba kuliner lokal Wakatobi, yakni kasuami. Kasuami adalah topeng dengan bahan dasar singkong. Selain tampilannya yang menarik dengan warna putih kekuningan juga memiliki cita rasa lezat.

Danau Toba


Danau Toba adalah salah satu tempat wisata populer di Sumatera Utara. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Kemenparekraf menetapkannya sebagai destinasi super prioritas.

Danau ini terbentuk karena letusan Gunung Toba yang sangat dahsyat. Peristiwa alam tersebut terjadi pada 74 ribu tahun yang lalu.

Luas wilayahnya mencapai 1.145 kilometer persegi dengan kedalaman 450 meter, sehingga menjadi salah satu danau terdalam di dunia. Sekitaran danau ini memiliki destinasi wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Misalnya saja, Bukit Gajah Bobok, Bukit Siadtaratas, Bukit Indah Simarjarunjung, Bukit Holbung Samosir, hingga Air Terjun Situmurun. Wisatawan bisa mengunjungi dan menikmati setiap keindahan alam yang danau ini suguhkan. Selain itu, ada banyak spot foto instagenic yang kece untuk menambah koleksi galeri ponsel maupun postingan media sosial.

Gunung Rinjani


Gunung Rinjani terletak di Nusa Tenggara Barat. Wisata gunung ini cukup populer di kalangan wisatawan yang hobi mendaki.

Gunung Rinjani adalah gunung berapi paling tinggi kedua yang ada di Indonesia. Salah satu daya tariknya yang diakui adalah memiliki pemandangan terindah se-Asia. Hal ini karena hamparan bunga edelweiss-nya yang memanjakan mata dan Danau Segara Anak.

Tidak hanya menikmati spot menarik saja, wisatawan juga bisa mencoba beragam aktivitas seru. Seperti memancing ikan, camping atau mendirikan tenda, hingga mandi dengan air hangat.

Wae Rebo


Wae Rebo merupakan desa adat yang terletak di Distrik Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur. Desa yang memiliki wilayah kecil dan terpencil ini berhasil menerima Top Award of Excellence dari Unesco dalam ajang Unesco Asia Pacific Heritage Awards 2012.

Keunikan dari Desa Wae Rebo adalah pembangunan kembali rumah adat Mbaru Niang. Mbaru Niang memiliki bentuk kerucut dengan seluruh penutupnya menggunakan ilalang lontar dari atap hingga ke tanah. Terdapat lima tingkat dengan setiap tingkatannya memiliki rancangan dengan tujuan tertentu.

Masyarakat setempat membangun rumah adat tersebut dengan landasan semangat gotong royong. Masyarakat Desa Wae Rebo sangat menjunjung tinggi tradisi. Melalui pembangunan kembali rumah adat Mbaru Niang dapat meningkatkan kesejahteraan desa.

Desa Adat Wae Rebo memiliki sejumlah lokasi yang cukup terkenal sebagai destinasi wisata andalan. Salah satunya adalah pegunungan indah dan hutan Todo yang lebat. Saat mengunjungi hutan tropis ini, wisatawan bisa menyaksikan anggrek dan jenis pakis.

Nusa Penida


Nusa Penida adalah salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia yang terletak di Pulau Dewata Bali. Banyak wisatawan domestik maupun wisata asing yang datang berkunjung, terutama saat musim liburan.

Hal ini karena pemandangan alam yang indah dan keunikan pantai-pantainya. Keindahan yang ditawarkan berupa hamparan pasir pantai yang luas, air laut jernih dan segar, hingga beragam biota-biota lautnya.

Ada banyak objek wisata yang bisa wisatawan kunjungi. Seperti halnya, Angel’s Billabong, pasih Uug atau Broken Beach, Pantai Kelingking, Pantai Atuh, Crystal Bay, hingga Mata Air Tembeling.

Taman Laut Bunaken


Taman Laut Bunaken berlokasi di Teluk Manado. Objek wisata dengan pemandangan yang mengundang decak kagum ini, memiliki keindahan taman bawah laut. Keindahan Taman Laut Bunaken sulit untuk ditemukan di negara lain.

Setidaknya, ada 13 jenis terumbu karang yang hidup di bebatuan taman laut ini. Terumbu karangnya memiliki bentuk terjal vertikal ke bawah dengan kedalaman 25 hingga 50 meter.

Tak sampai disitu saja, Taman Laut Bunaken memiliki 91 jenis ikan. Keragaman biota lautnya ini, menjadi suguhan pemandangan yang tak terlupakan.

Selain itu, para wisatawan khususnya wisatawan asing bisa mencoba scuba diving dengan 20 titik penyelaman terbaik. Setiap wisatawan mendapatkan kesempatan untuk berenang di dasar laut sembari menikmati pemandangan biota laut yang beragam.

Gunung Bromo


Gunung Bromo menjadi destinasi wisata favorit di Indonesia. Wisata Gunung Bromo masih berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger.

Gunung ini memiliki ketinggian 2.392 Mdpl. Wisata gunung yang terletak di Probolinggo, Jawa Timur ini memiliki sejumlah lokasi-lokasi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Diantaranya adalah, Kawah Gunung Bromo, Padang Rumput Savana, Pasir Berbisik, Bukit Teletubies Bromo, dan Pura Luhur Poten. Untuk menikmati keindahan gunung ini, para wisatawan maupun pendaki harus menyusuri tangga agar sampai ke puncaknya.

Selain berjalan kaki, wisatawan bisa berkeliling dengan menggunakan kuda. Menjelajahi keindahan Bromo dengan menunggangi kuda menjadi pengalaman yang mengesankan.

Danau Kelimutu


Danau Kelimutu berada di kawasan Gunung Kelimutu, gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Gunung ini memiliki tiga danau utama yang terkenal dengan keindahan airnya.

Danau ini memiliki tiga warna yang berbeda, yakni biru, putih, dan merah. Warna danau ini selalu berubah seiring dengan perjalanan waktu.

Salah satu danau yang terkenal adalah Tiwu Nuwa Muri Koo Fai atau danau berwarna biru. Masyarakat sekitar percaya, jika danau ini adalah tempat berkumpulnya jiwa-jiwa anak muda yang meninggal dunia.

Kemudian, danau berwarna merah atau Tiwu Ata Polo. Danau ini menjadi tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang sudah meninggal dan selama hidupnya selalu melakukan perbuatan jahat.

Terakhir adalah danau berwarna putih atau Tiwu Ata Mbupu. Danau ini adalah tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang sudah meninggal dunia.

Gunung Merapi


Berbicara mengenai destinasi wisata Indonesia, Gunung Merapi menjadi salah satunya. Gunung Merapi merupakan salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah yang sangat populer.

Aktivitas yang paling banyak wisatawan ikuti adalah Lava Tour Merapi. Melalui kegiatan ini, wisatawan bisa mendengarkan cerita tentang erupsi Gunung Merapi.

Bersama dengan tour guide, wisatawan bisa menyambangi lokasi-lokasi bekas letusan Gunung Merapi. Selain itu, juga bisa mengunjungi beberapa tempat yang tak kalah menarik, seperti The World Landmark Merapi Park, Museum Gunung Merapi, hingga The Lost World Castle.

Gili Trawangan


Gili Trawangan merupakan wisata pantai yang tak pernah sepi pengunjung. Destinasi wisata ini menjadi salah satu tujuan para wisatawan dari berbagai macam negara.

Gili Trawangan memiliki pesona pantai berupa air laut yang jernih dan pasir putihnya yang berpadu dengan birunya langit serta semburat awan putih. Tidak hanya pantai dan alam bawah lautnya saja yang mengundang decak kagum.

Pantai yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini juga memiliki berbagai macam lanskap. Para wisatawan sering kali memanfaatkannya sebagai spot foto yang Instagramable.

Candi Prambanan


Candi Prambanan merupakan wisata sejarah yang tidak hanya terkenal di dalam negeri saja, akan tetapi juga mancanegara. Prambanan telah masuk ke dalam daftar situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1991.

Wisata candi yang terletak di Klaten, Jawa Tengah ini, sempat terbengkalai selama ratusan tahun. Kemudian, pada tahun 1733 mengalami revitalisasi.

Prambanan ditemukan oleh seorang Belanda yang bernama CA Lons. Pada saat itulah, revitalisasi Prambanan mulai terlaksana.

Di dalam kawasan atau komplek Prambanan, terdapat tiga candi. Candi dengan ukuran paling besar melambangkan Dewa Siwa. Sedangkan dua candi lainnya memiliki ukuran yang kecil dan melambangkan sebagai Dewa Brahma dan Dewa Wisnu.

Taman Nasional Way Kambas


Salah satu destinasi wisata Indonesia yang berhasil menarik perhatian wisatawan, yakni Taman Nasional Way Kambas. Objek wisata yang terletak di Lampung ini, merupakan Taman Warisan ASEAN ke empat yang ada di Indonesia.

TNWK merupakan kawasan konservasi gajah, terdapat kurang lebih 200 gajah Sumatera yang tinggal di taman nasional tersebut.

Tidak hanya sebagai konservasi gajah saja, TNWK juga berperan sebagai konservasi badak Sumatera. Berbeda dengan konservasi gajah, untuk bisa melihat badak-badak Sumatera ini, para wisatawan harus memiliki izin secara khusus. Wisatawan biasa tidak memiliki akses untuk melihat penangkaran alami badak Sumatera ini.

Kawah Ijen


Kawah Ijen menjadi salah satu objek wisata favorit di Banyuwangi. Destinasi wisata ini memiliki pesona yang mampu menarik minat wisatawan. Bahkan, mulai dikenal luas hingga mancanegara.

Salah satu daya tarik yang paling banyak diburu oleh para wisatawan adalah blue fire. Blue fire merupakan pesona api biru yang menyala dari kawah Gunung Ijen.

Menariknya lagi, blue fire atau api biru hanya dapat ditemukan di dua tempat. Selain di Kawah Ijen, Indonesia, juga dapat ditemukan di Islandia.

Goa Gong


Goa Gong menjadi salah satu destinasi wisata tujuan ketika menyambangi Pacitan, Jawa Timur. Wisata goa ini menyuguhkan panorama yang menakjubkan.

Goa Gong adalah goa dengan pemandangan paling indah se-Asia Tenggara. Para wisatawan bisa berpetualang dengan menyusuri jalanan goa sembari menikmati pemandangan stalaktit dan stalakmitnya.

Stalaktit dan stalakmit Goa Gong ini terbentuk secara alami. Ukurannya pun sangat beragam, mulai dari struktur stalaktit dan stalakmit yang kecil hingga besar. Wisatawan harus untuk selalu berhati-hati karena stalaktit dan stalakmitnya ini memiliki bentuk yang runcing.

Tana Toraja


Tana Toraja yang terletak di Sulawesi Utara ini, sangat identik dengan adat dan budayanya. Tidak hanya budayanya yang melekat saja, melainkan juga memiliki kekayaan alam melimpah.

Saat berkunjung ke Toraja, para wisatawan bisa mengunjungi berbagai tempat wisata. Salah satunya adalah Goa Lemo sebagai makam bagi para bangsawan yang tinggal di Toraja.

Selain itu, ada pula Patung Buntu Yesus Burake yang terletak di Bukit Buntu Burake. Wisatawan juga bisa mengunjungi Desa Pallawa. Di desa tersebut terdapat rumah adat tertua Sulawesi, yakni tongkonan.

Lokasi yang tak kalah terkenal adalah Kolam Air Limbang. Kolam air ini merupakan telaga yang tidak jauh dari Kota Rantepao. Memiliki pemandangan yang menawan dengan tebing batu cadas dan air kolam berwarna hijau.

Destinasi wisata yang tidak ada duanya ini juga memiliki gumuk pasir. Gumuk pasir tersebut wisatawan kenal dengan sebutan Sumalu. Dulunya, masyarakat menyebutnya sebagai Bukit Pa’buyan.

Daftar destinasi wisata Indonesia ini menjadi bukti kekayaan Indonesia yang tak ternilai harganya. Demi menjaga warisan alam dan leluhur, selalu taati aturan, berperilaku sopan, dan menjaga kebersihan.