Destinasi Labuan Bajo

Destinasi Labuan Bajo cukup beragam. Ada banyak destinasi menarik yang wajib dikunjungi di Labuan Bajo.

Labuan Bajo memang semakin populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Alasannya tidak lain karena tempat ini menawarkan tempat wisata yang menarik.

[caption id="attachment_4389" align="alignnone" width="1440"]destinasi labuan bajo nusa tenggara timur indonesia xr:d:DAF3mAeFvVw:48,j:5864103095419426398,t:24012310[/caption]

Destinasi Labuan Bajo Terpopuler


Makna liburan untuk setiap orang itu berbeda-beda. Beberapa orang ada yang memilih untuk beristirahat selama libur, tetapi ada juga yang menghabiskan waktunya untuk mengunjungi tempat-tempat baru.

Selain Bali, Indonesia juga memiliki banyak tempat menarik lainnya. Salah satu yang tidak kalah populer saat ini adalah Labuan Bajo.

Para pengunjung bisa menikmati keindahan wisata alam di Labuan Bajo. Beberapa orang menyebut Labuan Bajo sebagai surga yang tersembunyi.

Terletak di Indonesia Timur, tepatnya di Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Labuan Bajo memang masih sangat asri. Tempatnya berbatasan langsung dengan Nusa Tenggara Barat dan dipisahkan oleh Selat Sape.

Labuan Bajo juga bisa dikatakan sebagai gerbang menuju Taman Nasional Komodo yang sangat terkenal. Banyak tertarik karena komodo adalah hewan langka yang ada di Indonesia.

Berikut ini destinasi wisata di Labuan Bajo yang wajib dikunjungi saat berlibur.

Pulau Padar


Destinasi wisata pertama adalah Pulau Padar. Pulau ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa.

Para pengunjung dapat melihat pemandangan spektakuler dari puncak bukit. Di sana akan terlihat tiga pantai yang berbeda dan berwarna-warni.

Pemandangan panoramik tersebut lah yang membuat Pulau Padar sangat mempesona. Pulau ini jadi salah satu destinasi yang paling populer untuk berfoto.

Untuk sampai ke Pulau Padar, pengunjung harus menempuh perjalanan dengan kapal dari Labuan Bajo selama 2-3 jam. Meski cukup lama, tetapi lelahnya perjalanan akan terbayarkan dengan pemandangan di pulau ini.

Desa Wae Rebo


Destinasi Labuan Bajo selanjutnya adalah Desa Wae Rebo yang merupakan sebuah desa. Pengunjung tidak akan menyesal jika berkunjung ke Desa Wae Rebo.

Desa Wae Rebo bukanlah desa biasa. Akan tetapi, desa ini menawarkan pengalaman budaya yang sangat otentik. Pengunjung bisa melihat rumah adat khas Desa Wae Rebo dan juga bagaimana kehidupan masyarakat lokal.

Namun, lokasi Desa Wae Rebo lebih jauh daripada Pulau Padar karena lokasinya di pegunungan, sekitar 4-5 jam perjalanan darat dari Labuan Bajo.

Pulau Kanawa


Kalau destinasi wisata selanjutnya ini tidak kalah populer. Pulau Kanawa menawarkan pantai yang indah dengan air laut yang jernih dan juga pasir putih di sekitarnya.

Pemandangan tersebut membuat Pulau Kanawa menjadi salah satu destinasi wisata di Labuan Bajo yang banyak digunakan sebagai spot foto. Selain itu, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Kanawa seperti berjemur, bersantai, dan juga snorkeling.

Ketika snorkeling, pengunjung akan didampingi oleh penyelam profesional yang telah berpengalaman, sehingga keamanannya tetap terjaga. Jadi, pengunjung bisa menikmati pemandangan bawah laut di Pantai Kanawa seperti terumbu karang yang memanjakan mata.

Perjalanan ke Pulau Kanawa bisa menggunakan kapal dari Labuan Bajo. Waktu perjalanan dari Labuan Bajo ke Pulau Kanawa sendiri sekitar 1 jam.

Pulau Kelor


Selanjutnya ada Pulau Kelor. Pada umumnya, pengunjung menjadikan Pulau Kelor sebagai spot terakhir dari agenda perjalanan ke Pulau Komodo.

Rute untuk ke Pulau Kelor adalah menggunakan speed boat yang memakan waktu sekitar 40 menit dari Labuan Bajo. Hal ini tidak hanya seru, tetapi juga akan memberikan pengalaman baru untuk sebagian orang.

Para wisatawan sebenarnya bisa melakukan berbagai aktivitas menarik di destinasi Labuan Bajo ini. Namun, kegiatan paling populer di Pulau Kelor adalah trekking ke puncak dan juga snorkeling.

Keindahan bawah laut Pulau Kelor sayang untuk dilewatkan. Para penggemar snorkeling pastinya akan terhipnotis dengan pemandangan bawah laut Pulau Kelor ini.

Hal paling seru yang bisa dilakukan di Pulau Kelor adalah berkemah. Pengunjung bisa menggelar tenda sehingga akan merasa lebih dekat dengan alam.

Pink Beach


Pink Beach atau yang juga terkenal dengan Pantai Merah ini sangatlah unik. Keunikannya tersebut  yang membuat banyak orang penasaran, sehingga berbondong-bondong berkunjung ke pantai satu ini.

Sesuai namanya, Pink Beach memiliki pasir yang berwarna pink. Padahal sebagian besar pantai memiliki pasir yang berwarna putih atau kecoklatan.

Banyak orang yang berkunjung ke pantai ini untuk melihat keunikan pasir tersebut. Beberapa orang bahkan juga membawa sedikit pasir di Pink Beach sebagai kenang-kenangkan.

Adapun warna pink pada pasir di Pink Beach itu hadir secara alami. Menurut peneliti, warna pink alami muncul karena adanya campuran serpihan koral dan juga pasir putih.

Untuk yang ingin berkunjung ke Pink Beach, pengunjung bisa menjangkaunya dengan kapal dari Labuan Bajo. Ketika berada di sini, pengunjung harus bisa menjaga kebersihan agar wilayah pantai tidak tercemar.

Air Terjun Cunca Wulang


Bosan dengan suasana pantai? Mungkin Air Terjun Cunca Wulang bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat. Wisata ini tersembunyi di tengah hutan.

Seperti air terjun pada umumnya, Air Terjun Cunca Wulang dikelilingi oleh pepohonan yang membuatnya terasa sejuk. Selain itu, ada juga kolam alami yang bisa digunakan untuk berenang.

Air Terjun Cunca Wulang adalah destinasi wisata di Labuan Bajo yang luar biasa. Jika tidak ingin berenang, maka pengunjung bisa melakukan petualangan dengan trekking.

Lokasi Air Terjun Cunca Wulang sekitar 1,5 jam perjalanan darat dari Labuan Bajo, tepatnya di Desa Melo. Jika ingin ke Air Terjun Cunca Wulang, pengunjung harus siap untuk berjalan selama 30 menit.

Pulau Kalong


Destinasi Labuan Bajo yang tidak kalah populer adalah Pulau Kalong. Pulau satu ini sangat unik. Nama 'Kalong' dipilih karena ada ribuan kelelawar di pulau ini.

Ketika sore hari saat matahari mulai terbenam, ribuan kelelawar keluar dan terbang ke seluruh penjuru pulau Pulau Kalong. Hal ini tentunya sangat menakjubkan.

Kelelawar sendiri merupakan hewan nokturnal yang lebih aktif di malam hari. Jadi, waktu terbaik untuk berkunjung ke Pulau Kalong memang sore hari.

Lokasi Pulau Kalong cukup jauh dari Labuan Bajo, memakan waktu hingga 1,5 jam dengan perjalanan melalui kapal. Jadi, pengunjung bisa menyiapkan bekal perjalanan yang cukup.

Pulau Komodo


Selanjutnya ada destinasi Labuan Bajo yang sangat terkenal, yaitu Pulau Komodo. Pulau ini sangat terkenal karena keberadaan hewan purba, yakni komodo.

Komodo adalah kadal purba paling besar yang masih hidup hingga saat ini. Pulau Komodo diakui sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO dan bahkan salah satu dari tujuh keajaiban dunia dari New 7 Wonders of Nature.

Jadi, Pulau Komodo tidak hanya menarik karena keindahan alamnya, tetapi juga karena berisi edukasi terkait salah satu makhluk purba yang masih ada hingga saat ini.

Di Pulau ini, komodo berkeliaran dengan bebas. Jadi, pengunjung juga harus berhati-hati jika bertemu dengan komodo karena cukup berbahaya.

Goa Rangko


Goa Rangko adalah sebuah goa yang terkenal dengan airnya. Di dalam Goa Rangko terdapat air yang biru kehijauan sehingga menciptakan perpaduan yang sangat indah.

Pengunjung bisa berenang di Goa Rangko yang unik ini. Tentu saja berenang di sini berbeda dengan di kolam biasa dan akan memberikan pengalaman luar biasa.

Lokasi dari Goa Rangko sekitar 1,5 jam perjalanan kapal dari Labuan Bajo. Setelah sampai, pengunjung akan langsung dimanjakan dengan pemandangan goa yang masih sangat asri.

Trip Labuan Bajo


Ada banyak jasa penyedia tour ke Labuan Bajo. Tetapi, tidak semua menawarkan pelayanan terbaik dengan harga yang ramah di kantong.

Sailing Komodo siap membuka trip Labuan Bajo dengan harga terjangkau. Ada beberapa destinasi Labuan Bajo yang termasuk ke dalam trip 3 Hari 2 Malam Sailing Komodo.

Di hari pertama, para peserta trip ke destinasi Pulau Kelor, Majarite, dan juga Pulau Kalong. Pengunjung bisa menghabiskan waktu dengan bebas di tempat wisata tersebut.

Setelah itu, peserta trip juga akan berkunjung ke lima destinasi lainnya, yakni Pulau Padar, Pink Beach, Pulau Komodo, Manta Point, dan juga Taka Makassar. Sementara itu, peserta akan dibawa menuju ke Pulau Kanawa di hari ketiga.

Ada tiga pilihan jenis kapal, yakni PHINSI Superior, PHINSI Deluxe, dan juga PHINSI Luxury. Tentu saja semua kapal memiliki fasilitas yang nyaman dan aman.

Di atas kapal ada ruang makan, AC, dan toilet sesuai dengan paket yang dipilih. Adapun harga trip yang paling murah mulai dari Rp 2,7 juta per pax hingga Rp 8 jutaan saja.

Untuk anak di bawah 2 tahun tidak perlu membayar paket dan anak balita di bawah lima tahun hanya perlu membayar setengah harga. Sementara itu, anak di atas 5 tahun harus membayar penuh.

Selama berlibur ke Labuan Bajo, akan lebih baik jika menyiapkan banyak baju. Sebab, sebagian besar destinasi wisata di Labuan Bajo ini adalah wisata air.

Dengan menggunakan paket labuan bajo trip, mengunjungi destinasi Labuan Bajo semakin mudah. Perjalanan liburan jadi lebih nyaman dan praktis.